Materi 6 - Proses Komunikasi Dalam Masyarakat

 


I.                  Substansi bentuk atau wujud komunikasi ditentukan oleh

 

-pihak-pihak yang terlibat dalam komunikasi (komunikator dan khalayak)

-cara yang ditempuh

-kepentingan atau tujuan komunikasi

-ruang lingkup yang melakukannya

-saluran yang digunakan

-isi pesan yang disampaikan.

 

II.                KOMUNIKASI LANGSUNG

 Pada komunikasi langsung (tatap muka) baik antara individu dengan individu, atau individu dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok, kelompok dengan masyarakat, maka pengaruh hubungan individu (interpersonal) termasuk di dalam pemahaman komunikasi ini.

 

III.             KOMUNIKASI MASSA

 

Komunikasi Massa adalah proses komunikasi yang dilakukan melalui media massa dengan berbagai tujuan komunikasi dan untuk menyampaikan informasi kepada khalayak luas.

 

Unsur-unsur penting dalam komunikasi massa adalah:

-Komunikator, Pihak yang menyebarkan suatu informasi

-Media massa, media komunikasi dan informasi yang melakukan penyebaran informasi secara massal dan dapat diakses masyarakat

-Informasi (pesan) massa, informasi yang diperuntukkan kepada masyarakat

-Gatekeeper, adalah penyeleksi informasi

Khalayak (publik), massa yang menerima informasi massa yang disebarkan oleh media -massa

-Umpan balik, komunikasi massa umumnya bersifat tertunda, tetapi konsep umpan balik tertunda dalam komunikasi massa ini telah dikoreksi karena semakin majunya media teknologi

 

 

 

IV.            KONSEP MASSA

 

Terdiri dari masyarakat dalam jumlah yang besar (large aggregate). Massa terdiri dari jumlah masyarakat yang sangat besar yang menyebar di mana-mana, di mana satu dengan lainnya, tidak saling tahu-menahu bahkan tidak pernah bertemu dan berhubungan secara personal.

 

 

Proses Komunikasi Massa

 

Menurut McQuail (1992: 33), proses komunikasi massa terlihat dalam bentuk:

-Melakukan distribusi dan penerimaan informasi dalam skala besar

-Proses komunikasi massa dilakukan melalui satu arah, yaitu dari komunikator ke komunikan.

-Proses komunikasi massa berlangsung secara asimetris di antara, komunikator dan komunikan.

-Proses komunikasi massa juga berlangsung impersonal (non- pribadi) dan tanpa nama.

-Proses komunikasi massa juga berlangsung berdasarkan pada hubungan-hubungan kebutuhan (market) di masyarakat.

 

 AUDIENSI MASSA KHALAYAK

 

Sifat dari audien massa:

-Terdiri dari jumlah yang besar. Pendengar radio, televisi, atau pembaca koran adalah massa dalam jumlah yang besar.

-Suatu pemberitaan media massa dapat ditangkap oleh masya­rakat dari berbagai tempat, sehingga sifat audien massa juga ada tersebar di mana-mana.

-Antara media massa dan pendengar atau pemirsanya tidak saling berhubungan.

-Terdiri dari berbagai lapisan masyarakat yang sangat heterogen.

-Tidak terorganisir dan bergerak sendiri

 

 

















































Tidak ada komentar:

Posting Komentar