I.
Substansi
bentuk atau wujud komunikasi ditentukan oleh
-pihak-pihak yang terlibat dalam komunikasi (komunikator dan khalayak)
-cara yang ditempuh
-kepentingan atau tujuan komunikasi
-ruang lingkup yang melakukannya
-saluran yang digunakan
-isi pesan yang disampaikan.
II.
KOMUNIKASI
LANGSUNG
Pada komunikasi langsung (tatap muka) baik antara individu dengan individu, atau individu dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok, kelompok dengan masyarakat, maka pengaruh hubungan individu (interpersonal) termasuk di dalam pemahaman komunikasi ini.
III.
KOMUNIKASI
MASSA
Komunikasi Massa
adalah proses komunikasi yang dilakukan melalui media massa dengan berbagai
tujuan komunikasi dan untuk menyampaikan informasi kepada khalayak luas.
Unsur-unsur penting
dalam komunikasi massa adalah:
-Komunikator, Pihak yang menyebarkan suatu
informasi
-Media massa, media komunikasi dan informasi
yang melakukan penyebaran informasi secara massal dan dapat diakses masyarakat
-Informasi (pesan) massa, informasi yang
diperuntukkan kepada masyarakat
-Gatekeeper, adalah penyeleksi informasi
Khalayak (publik), massa yang menerima
informasi massa yang disebarkan oleh media -massa
-Umpan balik, komunikasi massa umumnya
bersifat tertunda, tetapi konsep umpan balik tertunda dalam komunikasi massa
ini telah dikoreksi karena semakin majunya media teknologi
IV.
KONSEP
MASSA
Terdiri dari
masyarakat dalam jumlah yang besar (large aggregate). Massa terdiri dari jumlah
masyarakat yang sangat besar yang menyebar di mana-mana, di mana satu dengan
lainnya, tidak saling tahu-menahu bahkan tidak pernah bertemu dan berhubungan
secara personal.
Proses
Komunikasi Massa
Menurut McQuail
(1992: 33), proses komunikasi massa terlihat dalam bentuk:
-Melakukan distribusi
dan penerimaan informasi dalam skala besar
-Proses komunikasi
massa dilakukan melalui satu arah, yaitu dari komunikator ke komunikan.
-Proses komunikasi
massa berlangsung secara asimetris di antara, komunikator dan komunikan.
-Proses komunikasi
massa juga berlangsung impersonal (non- pribadi) dan tanpa nama.
-Proses komunikasi
massa juga berlangsung berdasarkan pada hubungan-hubungan kebutuhan (market) di
masyarakat.
AUDIENSI MASSA KHALAYAK
Sifat dari audien
massa:
-Terdiri dari jumlah yang besar. Pendengar radio, televisi, atau pembaca
koran adalah massa dalam jumlah yang besar.
-Suatu pemberitaan media massa dapat ditangkap oleh masyarakat dari
berbagai tempat, sehingga sifat audien massa juga ada tersebar di mana-mana.
-Antara media massa dan pendengar atau pemirsanya tidak saling
berhubungan.
-Terdiri dari berbagai lapisan masyarakat yang sangat heterogen.
-Tidak terorganisir dan bergerak sendiri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar